Dari Malang ke Makassar, Himpunan Mahasiswa HI UMM Torehkan Prestasi di Kompetisi Sinematografi Nasional

Kamis, 13 Juni 2024 21:01 WIB

Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menghiasi pertengahan tahun 2024 dengan prestasi yang membanggakan. Dalam Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PSNMHII) XXXVI di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, perwakilan dari HIMAHI UMM berhasil meraih Juara 3 Cinematography Short Recap (CISR).

Ihsanul Abyaz Deni (Abyaz) dan Muhammad Naufal Ramadhan (Madan) merupakan dua orang di balik ciamiknya video sinematik yang diperlombakan. Konten video sinematik tersebut merupakan rekapan perjalanan perwakilan HIMAHI UMM dari keberangkatan hingga mengikuti prosesi kegiatan.

Pada acara yang diselenggarakan dari tanggal 19 Mei 2024 hingga 23 Mei 2024 ini, mahasiswa HI dari berbagai universitas di Indonesia berkesempatan untuk memperluas relasinya hingga seluruh penjuru negeri. Meskipun demikian, Abyaz dan Madan mengungkapkan bahwa mereka tidak merasa tertekan ketika harus bersaing dengan universitas-universitas lain dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Kami justru merasa enjoy dan tidak merasakan adanya pressure ketika mengikuti ajang ini. Kami hanya berusaha untuk mengupayakan yang terbaik demi prodi dan universitas,” ungkap Madan.

Selama proses pengerjaan, terdapat cerita unik dari perwakilan HIMAHI UMM, yaitu ketika mereka tidak membawa uang tunai untuk membeli jajanan selama di atas kapal. Meskipun demikian, kondisi tersebut tidak memengaruhi proses pengerjaan video yang akan dilombakan.

Melalui prestasi yang ditorehkan, Madan dan Abyaz membuktikan bahwa mahasiswa HI tidak hanya bisa berprestasi di ranah akademik, melainkan juga di bidang nonakademik. Prestasi ini juga menjadi sebuah respons dari mahasiswa HI terhadap percepatan industri kreatif yang kini semakin demanding. (fal/han)

Shared: