Program MBKM

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untu menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda; mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional dapat mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui Program Merdeka Belajar NUNI. Dalam Jejaring Universitas Nusantara (Nationwide University Network in Indonesia - NUNI), program PMBN menjadi wadah bagi mahasiswa dari berbagai universitas negeri dan swasta terkemuka untuk mengenyam Pendidikan di universitas mitra.

Website PMBN

Alur Pendaftaran

1.     Pelajari informasi tentang universitas tujuan, fakultas, prodi dan mata kuliah. Kalian bisa melihat semua informasi pada halaman PMBN NUNI.

2.     Unduh dan isi dokumen pendukung. Jangan lupa cek tanggal penting, kuota mahasiswa dan syarat pendukung lain.

3.     Minta persetujuan Kaprodi. Diskusikan rencana pembelajaranmu dan pastikan kalian mendapat persetujuan dari Kaprodi HI.

4.     Jangan lupa kirimkan form pendaftaran yang sudah di isi lengkap ke email Universitas tujuan dan Sekretariat NUNI. Lihat list email universitas tujuan di website PMBN NUNI.

5.     Hasil seleksi akan diumumkan melalui Website NUNI dan laman masing-masing universitas tujuan.

6.     Jangan lupa untuk konfirmasi partisipasi kalian dalam menentukan jadwal perkuliahan.

7.     Paling penting adalah KOMITMEN. Komitmen dan tanggung jawab diperlukan hingga akhir program ini.

 

Universitas Peserta:

1.     Universitas Atma Jaya Yogyakarta

2.     Universitas Bina Nusantara

3.     Universitas Islam Indonesia

4.     Universitas Islam Sultan Agung

5.     Universitas Katolik Parahyangan

6.     Universitas Katolik Soegijapranata

7.     Universitas Kristen Maranatha

8.     Universitas Kristen Petra

9.     Universitas Muhammadiyah Malang

10.  Universitas Padjajaran

11.  Universitas Sanata Dharma

12.  Universitas Surabaya

Shared: