Dosen FISIP Dampingi Anak Panti Muhammadiyah Menulis hingga Terbitkan Buku

 

Siapa bilang dosen FISIP hanya bisa berteori? Buktinya, tiga dosen FISIP UMM memberikan kontribusi nyata pada masyarakat melalui program pengabdian masyarakat. Digawangi oleh Dr. Fauzik Lendriyono, M.Si. dari Prodi Kesejahteraan Sosial serta Demeiati Nur Kusumaningrum, M.A. dan Dion Maulana Prasetya, M.Hub.Int. dari Prodi Hubungan Internasional. Selama satu tahun sejak April 2019 hingga Juli 2020, ketiganya melakukan pendampingan dan pelatihan menulis esai kreatif untuk anak asuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Malang Raya.

Menurut Demeiati Nur Kusumaningrum, M.A., kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan potensi dan kreativitas anak asuh pada bidang sastra. “Program ini berupaya mensinergikan visi misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait gerakan literasi di Indonesia. Inisiasi ini juga sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di mana akademisi berkontribusi kepada masyarakat melalui kapasitas keilmuan yang dimiliki,” pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 23 anak asuh dari lima panti asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah. Sebanyak 3 orang dari PPAM Al Amin Kepanjen, 2 orang dari LKSA Aisyiyah Riverside Dau, 4 orang dari LKSA Putra Ulil Absar, dan LKSA Aisyiyah Dau sejumlah 14 orang. Selama satu tahun, para peserta diberi bekal materi dan didampingi secara intens untuk menghasilkan berbagai jenis tulisan, khususnya esai, puisi, cerpen, dan opini. Tidak tanggung-tanggung, salah satu pakar kepenulisan dan kolumnis nasional Sugeng Winarno, M.A. dihadirkan untuk memberikan motivasi menulis kepada peserta.

Hasilnya, tulisan para peserta berhasil diterbitkan menjadi buku kompilasi esai berjudul “Ungkapan Kata Berbagi Cerita”. Buku yang diterbitkan Ismaya Publishing itu terdiri dari 21 judul esai dengan tebal 67 halaman. “Buku kompilasi esai yang menjadi proyek bersama ini diharapkan memberikan kebanggaan, motivasi berkelanjutan, dan kepercayaan diri untuk meningkatkan kompetensi di masa yang akan datang,” ungkap Demeiati Nur Kusumaningrum, MA  yang juga Ketua Editor Jurnal Sospol UMM.

Pengasuh LKSA Aisyiyah Dau Ustadz Amir mengaku sangat bangga kepada anak didiknya dan berharap adanya tindak lanjut kegiatan serupa di masa yang akan datang. Hal itu diungkapkan saat serah terima buku yang digelar di LKSA Aisyiyah Dau (26/11). (dnk)

Shared: