Sambut Maba, Prodi HI Gelar Virtual Open House

Jum'at, 02 Oktober 2020 09:13 WIB

 
Jum’at (2/10) Prodi HI UMM mengadakan acara bertajuk “Welcome New Students! Virtual Open House Department of International Relations” dalam menyambut mahasiswa baru HI UMM 2020. Virtual Open House ini diisi dengan agenda pengenalan akademik program studi, kurikulum HI UMM, perkenalan dosen-dosen HI, aktivitas mahasiswa serta career prospect dari alumni HI UMM yang berada di berbagai negara. Selain kaprodi, sekprodi dan para dosen, tampak hadir dalam virtual open house tersebut, dua dosen internasional prodi HI, David Pradhan, M.Phil. dari India dan Ilona Pasteruk, M.A. dari Ukraina.
 
Pengenalan prodi HI tahun ini hadir dengan konsep yang berbeda dari sebelumnya. Pandemi membuat open house prodi yang biasanya berjalan secara luring, harus disesuaikan dengan format yang berbeda. Dalam pengenalan kurikulum akademik, Sekprodi HI, Najamuddin Khairurrijal, M.Hub.Int menjelaskan bahwa syarat kelulusan untuk mahasiwa harus mengambil minimal 144 sks dalam kurun waktu 8 semester. Mahasiswa dapat mengambil 24 sks maksimal dengan syarat IPK di atas 3,51. “Untuk memperbaiki kualitas mahasiswa HI UMM, dosen-dosen  HI UMM sudah mulai merancang kurikulum terbaru untuk tahun 2021. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan Kemdikbud RI dalam misi Merdeka Belajar, yaitu program dimana mahasiswa mendapatkan ilmu di luar kegiatan akademik kampus. Sehingga alumni mahasiswa HI UMM memiliki kualitas tinggi dan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat,”ujar Najamuddin. Najamuddin juga menjelaskan bahwa selama ini Prodi HI UMM telah memberangkatkan mahasiswa keluar negeri untuk magang dan student exchange.
 
 
Acara pengenalan prodi HI UMM selanjutnya adalah pengenalan kegiatan dan komunitas kajian mahasiswa yang berada di bawah Lab HI UMM. Lab HI UMM memberikan fasilitas bagi  mahasiswa untuk mengeksplor pengetahuan lebih dalam berbagai kegiatan mahasiswa, seperti table manner dan simulasi sidang model United Nations, les bahasa, serta klub komunitas kajian mahasiswa. Para maba tampak semakin antusias saat Kepala Laboratorium HI, Ruli Inayah Romadhoan, M.Si memaparkan sejumlah komunitas kajian kewilayahan yang dinaungi oleh Prodi HI. “Lab HI punya banyak komunitas kajian kewilayahan yang bisa dinikmati oleh seluruh mahasiswa. Beberapa diantaranya ada CEAS Community of East Asia Studies, ESC European Study Communities, Maycomm Malang ASEAN Youth Communities, dan masih banyak lagi. Lab HI juga menyediakan fasilitas
bagi mahasiswa HI UMM yang ingin belajar bahasa asing secara gratis,” tutur Ruli
 
.     
 
 
 
Dalam acara yang digelar selama dua jam dari pukul 15.00 hingga pukul 17.00 ini, para alumni HI UMM yang telah sukses berkarir di berbagai negara juga hadir. Salah satu alumni adalah Faikha Fairuz Firdausi, alumni HI UMM Angkatan 2011 yang kini sedang melanjutkan kuliah S3 nya di Swedia. Selain itu, Muhammad Wildan, alumni Angkatan 2013, yang kini berprofesi sebagai jurnalis, juga menyemangati para maba untuk berusaha menggapai mimpi sejak dini. Di akhir acara ditutup dengan perkenalan dari HIMAHI (Himpunan Mahasiswa HI) Prodi HI yang diwakili oleh Kiara Dewi Bharata. Kiara, panggilan akrabnya, mengundang mahasiswa baru untuk join dan hadir dalam HIMAHI Welcoming Party pada tanggal 4 Oktober 2020 nanti secara virtual. (shan/wnd)
 
 
 

Shared: