HI UMM Tuan Rumah Raker AIHII Korwil Jatim

Kamis, 09 Agustus 2018 13:25 WIB

Suasana Raker AIHII Korwil Jatim di UMM

 

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (HI) FISIP UMM menjadi tuan rumah Rapat Kerja Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) Korwil Jawa Timur. Bertempat di Laboratorium HI UMM (7/8), rapat kerja dihadiri perwakilan Prodi HI se-Jawa Timur. Beberapa di antaranya adalah Yusli Effendi, S.IP., M.A. dan Yustika C.Mahendra, S.Sos, MA. dari Universitas Brawijaya, Zaky Ismali, M.Si dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Prihandono Wibowo, S.Hub.Int., M.Hub.Int dan Ario Bimo Utomo, MIR. mewakili Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Irfa Puspitasari, S.IP., MA. dari Universitas Airlangga serta dosen Prodi HI UMM.

Dekan FISIP UMM, Dr. Rinikso Kartono, M.Si. dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan pentingnya peningkatan kerja sama antar sivitas akademisi HI se-Jawa Timur. Menurutnya, kerja sama dapat dilakukan melalui kolaborasi riset lintas perguruan tinggi. Hal tersebut menjadi penting seiring tuntutan perkembangan dunia perguruan tinggi.

Sementara itu, Koordinator AIHII Wilayah Jawa Timur Ruli Inayah Ramadhoan, M.Si., menyampaikan bahwa rapat kerja ini pada dasarnya merupakan agenda rutin yang diadakan dalam rangka koordinasi wilayah menyambut pertemuan Konvensi Nasional (Venas) AIHII. Tahun 2018, Venas IX AIHII akan diselenggarakan di Kepulauan Riau pada November mendatang.

Dalam rapat kerja berlangsung hangat tersebut dibahas berbagai hal menyangkut penguatan jaringan dan kerja sama antar Prodi HI lingkup Jawa Timur. Selain itu, dibahas perkembangan metodologi riset HI, penyusunan standar kompetensi kurikulum, dan penyusunan spesialisasi dan kompetensi dosen HI di Jawa Timur. Menurut Ruli yang juga Kepala Laboratorium HI UMM, “Penguatan kerja sama dan kolaborasi juga merupakan faktor penting dalam memfasilitasi kepentingan perkembangan keilmuan dan para akademisi studi HI.”(peg)

Shared: