Dubes Rizal Sukma Ungkap Arti Penting Inggris Bagi Indonesia

Senin, 02 November 2020 14:27 WIB

Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris Raya merangkap Republik Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional 2016-2020 Dr. Rizal Sukma, M.Sc. mengungkap arti penting Inggris bagi Indonesia. Menurutnya, pertanyaan tentang apa arti penting sebuah negara penempatan adalah pertanyaan pertama yang harus dijawab oleh seorang duta besar maupun diplomat pada umumnya ketika ditempatkan di negara sahabat.

Sebagai duta besar yang berkedudukan di London, Inggris, Dubes RizalSukmamengungkap setidaknya ada empat arti penting Inggris bagi Indonesia. Pertama, Inggris merupakan salah satu dari lima negara anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB). Posisi Inggris ini menunjukkan bahwa negara itu memiliki kapasitas dan kapabilitas power yang besar di dunia. Sekaligus penting bagi upaya pencapaian kepentingan nasional Indonesia yang saat ini menjadi Anggota Tidak Tetap DK PBB.

“Arti penting yang kedua adalah Inggris merupakan negara dengan ekonomi terbesar kelima di dunia dan negara dagang terbesar kesepuluh di dunia. Hal ini penting untuk memperkuat kerja sama Indonesia di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi dengan Inggris,” ungkapnya dalam acara Kuliah Perdana Virtual yang digelar oleh Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang (2/11).

Di hadapan lebih dari 400 mahasiswa baru Prodi HI UMM, peneliti senior dan Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS)2009-2015itu juga mengatakan bahwa bersama Indonesia, Inggris merupakan negara anggota G-20. G-20 sendiri merupakan forum bagi dua puluh negara dengan kekuatan ekonomi  terbesar di dunia. Posisi ini menepatkan kedua negara memiliki hubungan kerja sama ekonomi dan perdagangan yang erat.

Selain itu, Inggris merupakan negara dengan jaringan media terbesar di dunia, seperti BBC, Reuters,dan lainnya. “Tidak hanya media, Inggris juga memiliki lembaga pendidikan peringkat dunia seperti Oxford, Cambridge dan lainnya. Inggris juga menjadi basis berbagai organisasi internasional pemerintah maupun organisasi internasional non-pemerintah, seperti Amnesty Internationaldan lainnya. Semua ini menjadi penting bagi pencapaian kepentingan nasional Indonesia,” papar dubes yang juga aktif di Persyarikatan Muhammadiyah itu.

Terakhir, sebagai dubes yang juga ditugaskan sebagai perwakilan tetap pada Organisasi Maritim Dunia atau International Maritime Organization (IMO), Inggris penting karena IMO berlokasi di negara itu. Menurutnya, IMO merupakan badan khusus PBB yang sangat penting bagi Indonesia, khususnya terkait kepentingan di bidang maritim. Karena itulah, sebagai dubes, pihaknya juga ditugaskan untuk memaksimalkan diplomasi maritim Indonesia di dunia internasional untuk mendukung tercapainya visi Indonesia sebagai poros maritim dunia. (hi umm/nk)

Shared: