Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Universitas Muhammadiyah Malang

Visi dan Misi

Visi 

“Menjadi Program Studi Ilmu Hubungan Internasional yang unggul dalam Kajian Regionalisme dan Globalisasi berdasarkan nilai-nilai Islam Pada Tahun 2030”

Ungguldalam visi ini maksudnya adalah memiliki nilai lebih dibandingkan dengan Prodi Ilmu Hubungan Internasional lainnya terutama dalam pengembangan keilmuan Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM pada level Internasional. Di sisi lain, Keunggulan ini ditunjang juga dengan kualitas SDM yang mumpuni sehingga mampu berkontribusi dalam penyebaran kekhasan dari keilmuan Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM pada masyarakat internasional.

Regionalisme dalam konteks visi Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM dimaknai sebagai kemampuan sivitas akademika prodi dalam memahami kerjasama pada berbagai kawasan dan melakukan riset yang berkenaan dengan topik tersebut. Adapun kawasan-kawasan yang menjadi fokus kajian dalam Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM adalah kajian Asia Tenggara, disamping memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari kawasan lainnya seperti Eropa, Amerika, Pasifik dan kawasan Asia lainnya.

Globalisasi dalam visi Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM dimaknai sebagai kemampuan sivitas akademika prodiIlmu Hubungan Internasional FISIP UMM untuk memahami kajian Globalisasi dengan pendekatan internasional dan domestik (intermestik) yang diharapkan dapat menjadi sumbangan sivitas akademika Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM dalam pengembangan kajian Hubungan Internasional. Makna pendekatan intermestik dalam kajian globalisasi ini yaitu sebuah pendekatan yang menghubungkan Isu, Kebijakan dan ide/norma domestik dengan Isu, Kebijakan dan ide/norma global. Hubungan tersebut dapat berbentuk pengaruh, dampak ataupun respon.

Nilai-nilai Islamdalam visi Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM menjadi kekhasan Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM. Hal ini bisa terlihat dalam pembekalan mahasiswa dengan beberapa mata kuliah seperti Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) 1 s.d AIK 4, Pemikiran Politik Islam Strategis, serta Islam dan Dunia Internasional.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran dibidang Ilmu Hubungan Internasional dengan fokus kajian regionalisme dan globalisasi berdasarkan nilai-nilai Islam.
  2. Menyelenggarakan bidang penelitian dalam bidang  kajian regionalisme dan globalisasi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dibidang Hubungan Internasional dengan fokus kajian regionalisme dan globalisasi.
  4. Menyelenggarakan kegiatan kerjasama dibidang Hubungan Internasional untuk mengembangkan kajian Regionalisme dan Globalisasi.
  5. Menyelenggarakan tata kelola Prodi Hubungan Internasional UMM yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam.   


Tujuan

Berdasarkan pada rumusan visi, misi tersebut maka tujuan dari penyelenggaraan Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM adalah sebagai berikut:

 

1.      Menghasilkan lulusan unggul dibidang Ilmu Hubungan Internasional dengan fokus kajian regionalisme dan globalisasi, serta memiliki kepribadian Islami.

2.      Menghasikan penelitian dalam bidang Ilmu Hubungan Internasional dengan fokus kajian regionalisme dan globalisasi yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan.

3.      Menghasilkan kegiatan pengabdian dibidang Hubungan Internasional dengan fokus kajian regionalisme dan globalisasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

4.      Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak dibidang Hubungan Internasional dengan fokus kajian Regionalisme dan Globalisasi.

Mengembangkan tata kelola kelembagaan Prodi yang menunjang peningkatan mutu prodi dan lulusan.   

Shared: