Prodi HI Dorong Dosen Publikasikan Tulisan

Jum'at, 17 Mei 2019 10:14 WIB

Program Studi Hubungan Internasional FISIP UMM terus berusaha memfasilitasi para dosen agar produktif dalam publikasi jurnal internasional bereputasi. Salah satu caranya adalah dengan menggelar Sharing Penulisan Jurnal, Kamis (16/5). Digelar di Laboratorium HI, kegiatan menghadirkan dosen Departemen Hubungan Internasional Universitas Diponegoro Mohamad Rosyidin, MA dan dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Jember Abubakar Eby Hara, Ph.D.

 

Rosyidin sendiri merupakan akademisi yang produktif dalam publikasi buku dan jurnal internasional terindeks Scopus. Ia memberikan beberapa tips agar tulisan dapat diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi. Menurutnya, hal yang paling penting dan utama dalam sebuah naskah adalah argumentasi yang mengandung unsur kebaruan (novelty). “Hal pertama yang dilihat oleh editor ataupun reviwer adalah argumentasi penulis. Karena itu, penulis harus kreatif dalam menegaskan argumennya, bukan sekadar aplikasi teoritis tetapi harus mampu menawarkan perspektif alternatif,” tandasnya.

Hal kedua yang juga penting adalah struktur tulisan. Menurutnya, struktur tulisan harus dibuat menarik dan tidak kaku. Selain itu, tambahnya, yang tidak kalah penting adalah kontribusi atau dampak tulisan terhadap perdebatan akademis atau pengembangan keilmuan. Bagi pria kelahiran Ponorogo itu, tulisan yang baik harus mampu memberikan dampak terhadap keilmuan, bukan sekadar paparan deskriptif.

Baca juga: Quo Vadis Politik Luar Negeri Indonesia Pasca Pemilu 2019?

Adapun Eby Hara menegaskan bahwa bahasa Inggris itu penting, namun bukan yang terpenting dalam sebuah naskah. Menurutnya, bahasa Inggris yang baik tidak menjamin kualitas isi tulisan. Sebaliknya, bisa jadi substansi tulisan sangat bagus, meskipun bahasa Inggris belum memenuhi standar ilmiah. “Kalau bahasa Inggrisnya tidak begitu bagus, kita bisa mencoba mengirim tulisan ke jurnal-jurnal yang bukan English spoken, seperti di negara-negara Amerika Latin misalnya,” usulnya.

Sementara itu, menurut Ketua Prodi HI M. Syaprin Zahidi, MA kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar Prodi untuk mendorong agar semakin banyak dosen HI UMM yang mempublikasikan tulisannya dan produktif dalam menulis. Selain itu, kegiatan ini menjadi wadah silaturahim untuk merekatkan komitmen dan kekeluargaan di antara dosen karena dirangkaikan dengan buka puasa bersama sebagai kegiatan rutin setiap bulan Ramadajn.(nk)

Shared: