Laboratorium HI Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Kamis, 09 Agustus 2018 13:51 WIB

Relawan mahasiswa HI UMM mengemas bantuan untuk korban gempa Lombok

Musibah bencana alam gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara barat (NTB) dan sekitarnya mendorong kepedulian Laboratorium Hubungan Internasional (HI) FISIP UMM untuk menggalang bantuan. Bekerja sama dengan Pusat Studi Kewilayahan dan Penanggulangan Bencana (Puska-PB) UMM, penggalangan bantuan dimulai sejak 5 Agustus 2018.

Hingga 7 Agustus 2018, bantuan yang terkumpul telah disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang. Bantuan yang disalurkan terdiri dari pakaian dewasa wanita sejumlah 10 kardus, pakaian dewasa pria sejumlah 8 kardus, pakaian anak sejumlah 6 kardus, dan pakaian bayi dan balita sebanyak 1 kardus. Kemudian jaket dan selimut ada 5 kardus, sepatu 1 kardus, tas sebanyak 1 kardus, serta perlengkapan ibadah 2 kardus dan jilbab 6 kardus. Selain itu,bantuan makanan berupa beras sebanyak 30 kilogram.

Sementara itu, donasi berupa uang yang terkumpul selama 5-7 Agustus 2018 mencapai Rp. 6.715.000. Donasi tersebut selanjutnya dibelanjakan untuk kebutuhan seperti terpal 14 buah, selimut 62 buah, serta air mineral botol sebanyak35 kardus.

Hingga dua pekan ke depan, Laboratorium HI dan Puska-PB masih menerima bantuan berupa pakaian layak pakai, selimut, terpal, makanan, air mineral, obat-obatan dan lainnya. Bantuan dapat diantarkan langsung ke Laboratorium HI Masjid AR. Fachruddin Lantai 1.Adapun bantuan berupa uang dapat ditransfer ke rekening BNI dengan nomor 0375831063 an. Ruli Inayah Ramadhoan.

Kepala Laboratorium HI Ruli Inayah Ramadhoan, M.Si., mengungkapkan bahwa aksi penggalangan bantuan ini merupakan tanggung jawab moral sivitas akademika HI. Kegiatan semacam ini, tambahnya, telah menjadi kegiatan rutin sivitas akademika HIsetiap ada musibah bencana. “Proses pengumpulan dan pengemasan bantuan sepenuhnya melibatkan mahasiswa HI. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa kita punya empati dan kepedulian sosial yang tinggi,” katanya.

Shared: