IR Exhibition, Pamerkan Hubungan Bilateral Indonesia dengan 50 Negara

Jum'at, 25 Mei 2018 14:36 WIB  

Ka. Prodi HI M. Syaprin Zahidi, MA membuka acara dengan menggunting pita

Mengusung tema “One Way Toward Peace”, Program Studi (Prodi) Ilmu Hubungan Internasional (HI) FISIPUMM menggelar IR Exhibition. Bertempat di Aula Lantai 9 GKB IV UMM (25/5), kegiatan pameran merupakan bagian dari praktikum Mata Kuliah Politik Luar Negeri Indonesia (PLNI) yang memamerkan potret hubungan bilateral Indonesia dengan 50 negara di dunia.

Sebanyak 272 mahasiswa yang dibagi ke dalam 50 tim beradu kreativitas memamerkan majalah dinding (mading) 3D, scrapbook, dan dekorasi yang merepresentasikan negara-negara dari lima benua, yakni Amerika, Asia, Eropa, Afrika, dan Australia-Pasifik.

Ketua Prodi HI M. Syaprin Zahidi, MA dalam sambutannya berharap kegiatan semacam itu dapat menjadi agenda tahunan, bahkan dalam lingkup yang lebih besar, dengan mengundang berbagai pakar dari dalam maupun luar negeri. “Saya harap nantinya bisa ada kolaborasi dengan berbagai instansi,” pungkasnya.

Sementara itu, Demeiati Nur Kusumaningrum, M.A selaku inisiator kegiatan sekaligus dosen pengampu mata kuliah PLNI mengungkapkan bahwa tujuan pameran ini adalah agar mahasiswa mampu memahami implementasi politik luar negeri Indonesia dalam kerangka kerja sama bilateral. “Masing-masing kelompok diajak untuk membagikan pengetahuan kepada publik tentang lokasi kedutaan Indonesia, perwakilan Kementerian Luar Negeri, perkembangan kerjasama bilateral, dan dampak hubungan kedua negara dalam isu-isu strategis melalui cara yang kreatif,” jelasnya.

Di akhir acara, juga diumumkan pemenang photo contest yang diadakan melalui akun Instagram. Adapun kategori dekorasi terbaik diperoleh oleh pameran kawasan Eropa. Selain itu, sepanjang acara, lagu-lagu asli dari negara-negara mitra bilateral Indonesia diputar untuk meramaikan suasana. (dnk, foto: Bestari)

Shared: