Inaugurasi KBA, Bukti Mahasiswa HI Kuasai Keterampilan Bahasa Asing

Senin, 30 April 2018 15:05 WIB  

Ka. Biro Kemahasiswaan Yudi Suharsono, S.Psi., M.Si. (tengah) berfoto dengan pemenang lomba Inaugurasi KBA 

Bahasa asing adalah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Hubungan Internasional (HI) FISIP UMM. Untuk itu, selama satu tahun, mahasiswa HI dibekali keterampilan bahasa asing di lembaga Kursus Bahasa Asing (KBA) UMM, di antaranya Bahasa Arab, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, dan lainnya.

Sebagai apresiasi atas keberhasilan mahasiswa menyelesaikan kursus bahasa asing, Prodi HI bekerja sama dengan KBA UMMsecara rutin menggelar inaugurasi. Pada Semester Genap 2017/2018, Inaugurasi KBA diikuti sekitar 90 mahasiswa Prodi HI. Bertempat di Aula Kampus II UMM (28/4), inaugurasi dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan UMM Yudi Suharsono, S.Psi., M.Si.

Dalam sambutannya, mewakili Wakil Rektor III UMM, Yudi menegaskan pentingnya soft skillsdalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di era globalisasi. Menurutnya, untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa, tidak hanya dibutuhkan pendidikan formal lewat perkuliahan, namun juga soft skills seperti kemampuan berbahasan menjadi sangat penting. “Selain itu, generasi saat ini jangan sampai diperbudak oleh teknologi, tetapi harus memanfaatkan teknologi sebaik mungkin di era ‘Kids Jaman Now’ sekarang ini,” pungkas dosen Fakultas Psikologi UMM itu.

Lebih lanjut, selain pemberian sertifikat kelulusan, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh lomba kesenian antar kelas, meliputi tari, nyanyi, dan drama. Dalam kesempatan itu, kelas Bahasa Prancis berhasil menjadi pemenang lomba. Mereka memukau penonton dengan pertunjukan akting drama dan bakat olah vokal dengan lantunan lagu Hello oleh Beyonce dalam bahasa Prancis.

Secara terpisah, Ketua Prodi HI UMM M. Syaprin Zahidi, MA menegaskan bahwa inaugurasi KBA ini membuktikan bahwa mahasiswa HI UMM memiliki keterampilan berbahasa asing yang memadai. Menurutnya, dengan keterampilan berbagai bahasa asing yang dimiliki oleh mahasiswa HI UMM, menunjukkan bahwa lulusan HI UMM kelak siap bersaing. “Hal itu karena lulusan HI UMM memiliki nilai tambah khususnya terkait keterampilan berbahasa,”tutupnya.(naz)

Shared: