Hadirkan Alumni, ESC Bahas Relasi Konfliktual Rusia-Uni Eropa

Jum'at, 06 Desember 2019 12:13 WIB

Bertempat di Laboratorium Hubungan Internasional UMM, European Studies Community (ESC) kembali mengadakan kajian rutin bulanan (3/12). Mengangkat tema “Relasi Konfliktual Rusia-Uni Eropa”, kajian diikuti sebanyak 45 peserta. Hadir sebagai pemateri, alumni Program Studi HI UMM, URNM Hanifah.

Hanifah dalam paparannya, membahas mengenai hubungan Rusia dan Uni Eropa (UE) yang memanas pasca pendudukan Rusia ke Krimea. Sebagai respon atas tindakan Rusia, Uni Eropa memilih untuk melakukan embargo ekonomi ke Rusia. Apa yang dilakukan oleh Uni Eropa, menurut Hanifah, merupakan bentuk strategi konfrontasi terhadap Rusia.

“Strategi tersebut diambil oleh Uni Eropa dengan alasan bahwa Uni Eropa menganggap kapabilitasnya lebih unggul dari Rusia serta memandang Rusia sebagai ancaman. Melalui strategi konfrontasi, Uni Eropa berkeinginan agar Rusia segera meninggalkan Krimea,” papar Hanifah yang selama kuliah melakukan riset tentang dinamika antar negara di kawasan Eropa.

Lebih lanjut, menanggapi pertanyaan mengenai keterlibatan North Atlantic Treaty Organization (NATO) dalam membantu Uni Eropa, menurut Hanifah, bantuan yang diberikan NATO dapat dikatakan pure. Karena, NATO dan UE memiliki kesamaan satu misi, yaitu NATO enlargement dan UE enlargement. Sehingga, ketika ada kesempatan untuk mencapai misinya, NATO akan secara otomatis bergabung, apalagi Rusia dinilai sebagai “common enemy” bagi UE dan NATO.

Pembina ESC, Hafid Adim Pradana, Man memberikan apresiasi positif terhadap kajian bulanan ESC yang rutin terselenggara sejak awal semester. Menurut dosen yang juga mengampu mata kuliah HI Eropa tersebut, keberadaan kajian bulanan ESC yang senantiasa diwarnai oleh antusiasme peserta merupakan wujud dari tingginya kesadaran mahasiswa HI UMM untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Selain itu, menurutnya, kajian rutin ESC dapat memberikan stimulus bagi mahasiswa untuk melakukan riset, khususnya yang berkaitan dengan Eropa. Hal ini sejalan dengan upaya Laboratorium maupun Prodi HI UMM untuk terus meningkatkan atmosfer akademik. (adm)

Shared: