Hubungan Internasional
Universitas Muhammadiyah Malang
Hubungan Internasional
Universitas Muhammadiyah Malang

CEAS mengadakan pelatihan Penulisan HI

Author : Administrator | Senin, 25 Januari 2010 13:40 WIB

CEAS HI UMM mengadakan pelatihan Penulisan HI yang diadakan selama empat kali, dan satu kali per minggu. Peserta pelatihan ini adalah seluruh anggota CEAS dan juga mahasiwa HI yang lain. Tujuan utama pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiwa HI tentang penulisan ilmiah dalam khasanah Ilmu Hubungan Internasional dimana, sering kali dijumpai kesulitan mahasiswa saat membuat paper atau tugas kuliah yang lain.

Sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah Sekretaris CEAS, Victory Pradhitama. Pemateri yang juga pengajar mata kuliah Metodologi Hubungan Internasional (MHI) ini memberikan materi mulai dari dasar, yaitu logika berfikir dan paradigma dalam studi Hubungan Internasional. Tahap berikutnya, peserta diwajibkan membuat paper dengan tema Asia Timur yang kemudian akan direview dan didiskusikan bersama.

Selain membantu mahasiswa untuk membekali pengetahuan dalam menulis ilmiah HI, juga ditujukan secara intern kepada anggota CEAS mengingat syarat wajib anggota CEAS adalah mengumpulkan artikel ilmiah tentang Asia Timur setiap satu bulan sekali. Luarannya diharapkan dapat membentuk Jurnal CEAS dari artikel ilmiah yang dikumpulkan oleh anggota.

Meskipunh muncul respon beragam seperti sulitnya menangkap materi karena rata-rata peserta adalah semester 2, namun mereka cukup antusias karena ilmu yang mereka dapatkan pasti sangat berguna bagi perjalanan studi mereka di jurusan Ilmu Hubungan Internasional UMM.

Kegiatan pelatihan oleh CEAS ini akan terus dilanjutkan dan dikembangkan. Menurut, Ketua CEAS, Tonny DE, kegiatan pelatihan selanjutnya adalah Pelatihan Penulisan PKM. Pelatihan ini ditujukan untuk mengembangkan kreatifitas mahasiwa, khususnya anggota CEAS dalam meneliti karena dari hasil evaluasi kegiatan PKM awal tahun 2009, 50% peserta dari jurusan HI UMM berasal dari CEAS. (Tonny, Juni 2009)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image